Uniknya Buah Klimaterik

By | Juni 28, 2016

kali ini digembeng .com akan membahas tentang buah klimaterik, mungkin kalian sudah sering melihat buah klimaterik cuman julukannya saja yang mungkinada yang tidak kenal.
apa sih buah klimaterik itu, buah klimaterik dapat ditandai dengan adanya peningkatan CO2 secara mendadak  yang dihasilkan selama pematangan. penjelasan ilmiah nya buah klimaterik yaitu suatu periode mendadak yang khas pada buah tertentu dimana selama proses tersebutterjadi serangkaian perubahan biologis yang diawali dengan proses pembentukan etilen dan ditandai dengan proses pematangan.

Untitled1

mungkin penjelasannya sulit di pahami yah, untuk lebih jelasnya klimaterik merupakan keadaan buah yang stimulasi menuju kematangannya terjadi secara otomatis /autostimulation. buah-buahan klimaterik yang sudah mature setelah di panen dan secara normal memperlihatkan suatu laju penurunan pernafasan seminimal mungkin dan meningkatkan laju pernafasan semaksimal mungkin.
Keunikan buah klimaterik, buah akan mengalamai beberapa perubahan dalam pematangan yang berdampak pada rasa buah. Saat buah dibiarkan matang di pohon buah tersebut akan manis, keasamannya hilang, pigmen warnanya lebih terang, memancarkan aroma yang harum, bentuknya yang lebih berisi dan berair. Namun buah klimaterik ini bisa matang meski harus terpisah dengan induk nya, contohnya saja pisang bisa disimpan dimana pun karena buah tersebut memiliki zat yang menjadikannya matang dengan sendiri. Ada beberapa contoh buah yang harus diambil setengah matang seperti alpukat, pisang, mangga,melon, apel dan lainnya. Buah ini semua bisa matang meski terpisah dengan pohon induknya, akan tetapi ada satu kekurangan nya aroma harum buah tidak akan harum buah matang di pohon induknya.
Sekian dari kami mohon maaf jika ada beberapa tulisan atau artikel yang salah atau meleset. Semoga bermanfaat yah kawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *