kenapa kucing suka menjilati tubuhnya

By | Agustus 21, 2016

Sobat gembeng.com sudah lumayan lama tidak update artikel baru, sekarang kita ketemu lagi di artikel baru hari ini. Kita sekarang akan bahas masalah kucing, banyak yah yang suka sama kucing karena lucunya dan gemez. Tapi ada juga yang benci sama kucing bahkan takut dengan si kucing, ya pasti ada lah orang yang phobia kucing. Judul sekarang yaitu kenapa kucing suka menjilat tubuhnya sendiri ?

kucing menjilat

Pasti kalian sering menemui kucing yang sedang menjilati tubuhnya sendiri. Tidak hanya kucing rumahan yang melakukan tapi kucing kampung atau kucing liar juga suka menjilati tubuhnya. Jadi intinya semua keluarga kucing melakukan hal ini, bahkan si kucing besar juga melakukan ini yaitu harimau dan singa. Pasti para pembaca tau deh apa alasan kucing menjilati tubuhnya, ya bagi yang tidak tahu kita temukan jawabannya.

  1. Menjilati tubuhnya sendiri untuk kebersihan

Kucing merupakan hewan yang paling bersih jika berurusan dengan kebersihan tubuhnya. Kucing ini memang jarang mandi bagi kucing liar atau kucing kampung. Tapi mereka bisa membersihkan dirinya sendiri dengan lidahnya. Coba perhatikan sejenak lidah kucing ini mempunyai permukaan seperti sikat halus yang berfungsi untuk membersihkan seperti sisir atau penggosok bulunya. Dengan menjilati tubuhnya kotoran yang menempel juga akan tersingkir oleh giginya. Ada pulan air liur kucing ini sangat bermanfaat bagi mereka yang mengandung anti septik alami.

kucing menjilat anaknya

  1. Minjilati tubuhnya untuk memberikan ketenangan

Kucing tidak hanya menjilati tubuhnya sendiri tapi juga menjilati anaknya dan majikannya. Saat induk kucing menjilati anaknya ini akan memberikan ketenangan bagi anak kucing bahwa dirinya dilindungi oleh induknya dari ancaman musuh. Jilatan kucing ke anaknya ini merupakan tanda kasih sayang kucing ke anaknya juga membersihkan tubuh anak kucing dari kotoran, selain itu juga membuat perangsangan untuk proses pengeluaran kotoran seperti urin dan feses, bahkan saat anak kucing minum susu.

 

  1. Jilatan kucing menunjukkan kasih sayang pada majikan

Yah memang tidak hanya kepada anaknya kucing menjilat tapi juga manusia yaitu majikannya. Sering kali anda ketemu kucing dan berdekatan dengan kalian bahkan suka mengeluskan tubuhnya atau menjilat di kakimu. Itu pertanda bahwa kucing tersebut sayang kepada kalian dan menandai kalian sebagai majikannya. Kucing menganggap bahwa kalian sebagai keluarganya. Dengan jilatan kucing akan menandai anda dengan zat khusus yang bernama feromon ini merupakan jika kalian itu adalah majikan si kucing yang menjilat.

 

Itulah sekilas jika kucing suka menjilati tubuh, ternyata banyak maksud dan fungsiĀ  jilatan si kucing tersebut. Ini bisa berguna bagi kalian yang menemui kucing tiba-tiba suka menjilati kaki kalian, jangan kaget yah. Jika kalian risih ya bisa kalian menyingkir atau menjauh dari si kucing. Sekian dari kami gembeng .com mohon maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *