Mengapa Kelelawar Bergantung Saat Tidur

By | September 19, 2016

Tahukah anda bahwa kelelawar itu satu-satunya hewan mamalia yang bisa terbang. Wah unik juga yah kelelawar ini, jika mamalia berarti kelelawar ini menyusui anaknya. Tapi kita akan bahas masalah kenapa kelelawar tidur tebalik yah sobat gembeng .com ,  apa gak pusing yah tidur kog pakai kebalik-kebalik segala hehehe. Mari kita simak lebih lanjut yah,

kelelawar tidur

Saat siang hewan yang satu ini biasanya tidak akan bergerak sama sekali. Mereka tidak akan melakukan aktivitas apapun pada saat matahari memunculkan sinarnya. pada saat itulah mereka akan menghabiskan waktu siangnya sebagai malam hari, dimana mereka hanya bisa tidur atau bergelantungan dengan posisi terbalik di tempat yang tidak terjangkau oleh manusia atau tempat gelap seperti misalkan gua, bagian dalam pohon atau bagian bawah jembatan. Ternyata dengan tidur posisi terbalik ini ada keuntungan tersendiri bagi kelelawar. Ini beberapa alasan kelelawar tidur kaki diatas dan kepala dibawah:

  1. Kelelawar akan lebih mudah untuk lepas landas saat mereka hendak terbang. Karena cara terbang kelelawar berbeda dengan burung, jika burung bisa terbang dari tanah ke udara. Kelelawar tidak punya cukup tenaga jika lepas landas dari tanah, ini disebabkan kelelawar mempunyai sayap yang tidak bisa menghasilkan tenaga yang besar dan kaki belakangnya juga lebih kecil jadi tidak bisa menghasilkan daya dorong yang.kuat untuk lepas landas.
  2. Mereka bisa menghindari predator yang memangsa kelelawar, dengan tidur di gua atau di tempat yang gelap dan posisi terbalik, hewan pemangsa akan sulit menemukannya karena sulitnya mencapai atau melihat ketempat dimana kelelawar ini tidur.
  3. Saat tidur terbalik ini menguntungkan bagi kelelawar karena mereka lebih menghemat energi saat tidur terbalik. Saat tidur kelelawar mencengkramkan cakar nya ke gua, pohon atau objek lain. Dan energinya dipakai sedikit saat melepaskan cengkramannya agar cakarnya terbuka, juga langsung bisa lepas landas tanpa mengeluarkan banyak energi.

Mungkin sekian dulu artikel dari kami gembeng.com selamat membaca artikel yang lain. Dan semoga bermanfaat yah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *