MENGENAL DAN PENYEBAB DARI BERSIN-BERSIN

By | Oktober 31, 2016

Gembeng.com , semua orang pernah yang mengalami yang namanya bersin-bersin tidak hanya orang sakit saja tapi orang yang sehat pun juga mengalami bersin. Bagi pendapat masyarakat bersin itu bermanfaat bagi kita, apakah itu benar ? mari kita simak pembahasan tentang bersin. Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Udara ini dapat mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam). Bersin dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 ┬Ám. Sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin

penyebab bersin

Bersin merupakan reaksi alami dan otomatis yang akan ditunjukkan oleh manusia ketika ada obyek asing yang masuk ke area hidung. Bersin adalah sebuah ledakan udara yang cepat yang keluar melalui hidung dan juga mulut. Proses bersin sendiri dimulai ketika hidung terpapar oleh rangsangan fisik tertentu, misalnya debu atau serbuk sari. Rangsangan tersebut selanjutnya akan menginformasikan kepada suatu bagian yang ada di dalam otak manusia yang disebut dengan pusat bersin. Rangsangan tersebut menginformasikan kepada pusat bersin bahwa ada suatu obyek yang harus dikeluarkan dari rongga hidung. Selanjutnya otak akan mengirimkan pesan ke beberapa otot yang berbeda. Otot-otot tersebut akan berkontraksi sesuai urutannya sehingga terjadilah bersin. Bersin merupakan aktifitas yang memiliki manfaat bagi tubuh yakni untuk membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut, dan tenggorokan). Namun, jika bersin terlalu sering bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, maka ada baiknya untuk mencari tahu apa penyebab bersin.

bersin

Bersin di pagi hari bisa jadi merupakan kejadian yang biasa dialami oleh penderita alergi dan terjadi selama beberapa menit setelah ia bangun tidur. Penderita alergi di hidung sering menglami bersin-bersin, terutama jika pada saat tidur orang tersebut terpapar alergi. Kondisi ini kadang disertai dengan pilek, hidung gatal, mata sembab, berair dan hidung yang memerah. Tetapi jarang ditemui gejala ini berlangsung sampai siang atau bahkan sepanjang hari.Ada beberapa Kondisi atau atau penyebab mengapa seseorang bersin-bersin di pagi hari, yaitu:

  1. Orang yang sudah memiliki alergi sebelumnya sering kali mengalami ini karena terpapar debu dalam rumah, serbuk sari, udara dingin, tungau, bulu binatang atau udara kotor yang terhidup pada saat tidur.
  2. Bentuk reaksi tubuh yang normal karena selama tidur suhu tubuh seseorang akan turun.
  3. Silia atau rambut halus dalam rongga hidung dan sinus yang berfungsi untuk mengeluarkan kotoran dan lendir memperlambat gerakannya pada saat tidur. Setelah bangun, tubuh berusaha mengeluarkan debu yang terkumpul sehingga tejadilah berrsin-bersin.
  4. Tubuh sensitif terhadap udara dingin pagi hari atau saat seseorang baru selesai mandi.

Seseorang perlu mengetahui dulu apa sebabnya ia bersin-bersin dipagi hari setelah itu baru bisa menentukan terapinya. Yang paling sering menjadi penyebab bersin-bersin dipagi hari adalah alergi.

Ada juga gejala penyakit yang menyebabkan bersin terus menerus

  1. Penyakit Flu

Penyakit flu adalah kondisi paling umum yang menyebabkan seseorang bersin secara terus-menerus. Tidak hanya bersin-bersin saja, penyakit flu biasanya juga akan ditandai dengan gejala lain, seperti hidung tersumbat, sakit kepala, dan juga demam. Penyakit flu biasanya akan sembuh setelah beberapa hari. Meskipun tergolong penyakit yang ringan dan tidak membahayakan, namun penderita flu harus banyak beristirahat di rumah guna menghindari terjadinya penularan terhadap orang lain.

  1. Rhinitis Vasomotor

Selain karena flu dan reaksi alergi, penyebab sering bersin juga bisa disebabkan oleh rhinitis vasomotor. Rhinitis vasomotor muncul sebagai akibat adanya gangguan pada sistem saraf yang mengatur melebar dan menyempitnya pembuluh darah yang ada di hidung.Penyakit rhinitis vasomotor sendiri paling sering diderita oleh orang-orang yang tidak menerapkan pola hidup sehat, seperti jarang berolah raga, sering begadang, dan juga daya tahan tubuh yang lemah.Selain gaya hidup yang buruk, rhinitis vasomotor biasanya juga dipicu oleh perubahan suhu ketika pagi hari yang menjadi sangat dingin atau karena kulit tubuh terkena suatu obyek yang dingin seperti lantai yang dingin, air dingin, dan lain sebagainya.

Itulah penyebab sering bersin yang paling umum. Kebanyakan orang sering mengalami gejala bersin akibat adanya reaksi alergi. Namun tidak menutup kemungkinan ada gejala lain yang menyebabkan bersin tersebut. Melihat cahaya yang terlalu terang juga bisa menyebabkan bersin meskipun frekuensinya tidak begitu sering. Jadi Kesimpulannya memang jika bersin 1-3 kali langsung secara beruntun itu mungkin masih bisa dikatakan wajar atau mungkin saja terkena paparan benda asing. Jika lebih dari 3 kali bersin itu harus diwaspadai karena itu bisa jadi gejala penyakit menyerang tubuh anda. Sekian dulu artikel dari kami gembeng .com semoga bermanfaat terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *