Khasiat dan manfaat susu kambing

By | Maret 21, 2017

gembeng.com – orang biasanya langsung berpikir susu sapi atau susu kedelai. Tetapi tahukah Anda, kalau khasiat dan manfaat susu kambing lebih hebat dari kedua susu itu.
susu kambing adalah susu yang dihasilkan oleh kambing betina setelah melahirkan, dalam jangka waktu 0-3 hari dihasilkan susu kolostrum yang mengandung sangat banyak zat gizi jika dibandingkan dengan susu sapi. Susu merupakan salah satu sumber utama kalsium yang dibutuhkan tubuh. Namun, jangan hanya terpaku pada susu sapi mengingat susu kambing pun tak kalah manfaatnya. Selain mengandung kalsium, susu kambing juga kaya antioksidan dan asam lemak baik, sehingga dapat mencukupi kebutuhan nutrisi
Susu kambing merupakan minuman terbaik di dunia setelah ASI dan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia. Di samping itu, banyak kandungan nutrisi dalam susu kambing sama dengan yang terdapat pada Air Susu Ibu (ASI). Susu kambing juga memiliki risiko alergi yang sedikit lebih rendah dibanding susu sapi. Ini karena susu kambing mengandung lebih sedikit senyawa kasein alpha 1 yang merupakan salah satu penyebab alergi.

Khasiat dan Manfaat susu kambing bagi kesehatan

Susu kambing dipercaya memiliki berbagai manfaat luar biasa bagi kesehatan. Hal itu didasarkan pada penelitian yang mengatakan bahwa susu kambing memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang cukup lengkap. Diantaranya, fosfor, kalsium, sodium dan flourin. Oleh karena itulah, susu kambing etawa diklaim memiliki manfaat yang hampir setara dengan ASI.

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia paling penting yang harus dijaga kesehatannya. Seperti yang Anda ketahui salah satu cara dalam menjaga kesehatan jantung adalah dengan cara berolahraga. Selain berolahraga tentunya Anda harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat seperti makanan berserat dan makanan yang kaya akan vitamin. Salah satu minuman sehat yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru adalah susu kambing.

2. Mengobati Anemia
Konsumsi susu kambing secara rutin dapat memperbaiki kondisi anemia defisiensi zat besi. Ini karena susu kambing dapat meningkatkan penggunaan  zat besi oleh tubuh serta merangsang pembaruan hemoglobin.
Berbeda dengan susu sapi, susu kambing meminimalkan interaksi antara kalsium dan zat besi dalam tubuh. Interaksi kedua zat mineral tersebut menimbulkan efek saling menghambat. Misalnya, kalsium dalam susu sapi dapat menurunkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

3. Memiliki sifat anti-inflamasi alami
Susu kambing dihomogenisasi secara alami. Gelembung-gelembung lemak yang terdapat pada susu kambing etawa ini dapat memecahkan diri menjadi bagian yang lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi. Hal ini bermanfaat untuk mempermudah pencernaan dan penyerapan makanan oleh tubuh.
Nah, bagi orang yang menderita masalah usus atau gangguan percernaan yang disebabkan oleh inflamasi, susu kambing sangat bagus untuk dikonsumsi. Sifat probiotik yang terdapat dalam susu kambing dapat mendorong pengembangan sistem pencernaan yang lebih baik.

4. Lebih Mudah Diserap Tubuh
Keuntungan lainnya ialah susu kambing bisa sedikit lebih baik bagi mereka dengan intoleransi terhadap laktosa. Ini karena susu kambing mengandung proporsi laktosa sedikit lebih rendah daripada susu sapi, sehingga lebih mudah diserap. Selain itu, gumpalan protein susu kambing yang dibentuk oleh aktivitas asam lambung lebih lembut sehingga akan lebih mudah dicerna. Ini bisa menguntungkan bayi yang sering gumoh atau memiliki gangguan pencernaan seperti refluks.

5. Mengandung asam lemak esensial
Susu kambing mengandung sekitar 35% asam lemak lebih tinggi bila dibandingkan dengan susu sapi yang hanya memiliki 17%. Di samping itu, susu kambing lebih terasa khasiatnya jika diminum dalam keadaan masih mentah, bahkan bagi mereka yang tidak toleran laktosa. Susu kambing juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Asam lemak antimikroba seperti kaprilat dan asam kaprat ditemukan dalam susu kambing juga berguna untuk memperbaiki sistem pencernaan.

6. Menurunkan Berat Badan
Manfaat susu kambing selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Setiap orang pastinya ingin memiliki tubuh yang langsing dan ideal. Hal ini tentunya dapat Anda dapatkan jika Anda rutin berolahraga serta mengonsumsi makanan yang rendah lemak. Salah satu minuman yang dapat Anda manfaatkan untuk program diet Anda adalah susu kambing. Kandungan protein dalam susu kambing dapat membantu Anda untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan langsing. Mengonsumsi susu kambing setelah makan adalah pilihan yang tepat, karena dapat mambantu tubuh untuk membakar lemak lebih cepat.

Susu kambing bisa dipertimbangkan sebagai menu alami yang dapat dikonsumsi secara rutin oleh orang dewasa, terutama bagi mereka yang alergi pada susu sapi, memiliki gangguan penyerapan nutrisi atau malabsorption, memiliki kadar  kolesterol yang tinggi, anemia, atau osteoporosis.
Namun, secara umum konsumsi susu sapi dan susu kambing tidak direkomendasikan untuk bayi berusia di bawah satu tahun. Hal ini karena pemberian susu selain ASI pada bayi dapat meningkatkan risiko iritasi usus dan anemia. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter bila ingin memberikan susu selain ASI pada anak terutama anak yang alergi terhadap susu formula berbahan dasar susu sapi atau kedelai.

One thought on “Khasiat dan manfaat susu kambing

  1. Lakeshore Hotel Banani

    Yesterday, while I was at work, my sister stole my iphone and
    tested to see if it can survive a thirty foot drop, just so she can be
    a youtube sensation. My apple ipad is now broken and she has 83 views.
    I know this is completely off topic but I had to share
    it with someone!

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *