penyebab penyakit asam urat

By | Maret 21, 2017

Asam Urat sekarang ini telah menjadi sebuah penyakit yang sering kali di alami oleh orang-orang yang berusia 30 tahun keatas. Namun jangan dikira penyakit ini merupakan penyakit yang ringan lho, karena jika lagi meradang sungguh tidak dapat terbayangkan rasa sakit yang akan dirasakan para penderitanya. Nah, pada jumpa ini Pusat Informasi akan mencoba menjelaskan 4 hal seputar obat asam urat, penyebab, gejala serta pantangan penderita asam urat yang diharapkan dapat memberikan banyak manfaat kepada para penderita maupun anda yang ingin mencegahnya.

Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

1. penyebab penyakit asam urat:
– Konsumsi zat-zat yang banyak mengandung purin secara berlebihan.
– Zat purin dalam jumlah banyak masuk dalam tubuh, kemudian melalui metabolisme berubah menjadi asam urat.
– Terjadinya peningkatan Kadar asam urat dalam tubuh, sehingga ginjal kita tidak mampu untuk membuang kelebihan asam urat.
– Banyaknya kristal asam urat yang berlebih menumpuk di persendian.
– Akibatnya sendi kita terasa nyeri, membengkak, meradang, panas dan kaku.

Pada kejadian kasus yang parah, penderita asam urat sampai tidak dapat berjalan karena pada persendian terasa sangat sakit sekali jika bergerak. Tulang sekitar sendi juga dapat keropos dan mengalami pengapuran tulang.

2. gejala asam urat:
– Sendi terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan dan bahkan sampai membengkak dan berwarna kemerahan (meradang)
– Biasanya pada persendian terasa nyeri saat pagi hari (baru bangun tidur) atau malam hari.
– Terasa nyeri pada sendi terjadi berulang-ulang kali.
– Yang diserang biasanya sendi jari kaki, jari tangan, dengkul, tumit, pergelangan tangan serta siku.
– Pada kejadian kasus yang parah, persendian terasa sangat sakit saat akan bergerak.

Untuk mengetahui lebih pasti, penderita harus segera melakukan pemeriksaan di laboratorium. Untuk kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 hingga 7 mg/dl dan pada wanita 2,6 – 6 mg/dl.

3. daftar makanan pantangan asam urat yang mengandung kandungan asam urat yang sangat tinggi:

-Ekstrak Daging
Makanan pantangan asam urat yang pertama adalah ekstrak daging. Apa itu ekstrak daging? Ini merupakan suatu bubuk yang biasa dibuat menjadi kaldu bila dicampurkan dengan air. Meskipun kurang popular, beberapa penelitian kedokteran mengatakan bahwa ekstrak daging mengandung kadar asam urat yang sangat tinggi dan merupakan makanan pantangan asam urat.

-Jeroan
Yang termasuk dalam kelompok makanan ini ialah usus, babat, otak, hati, paru-paru dan organ binatang lainnya. Ya, makanan pantangan asam urat nomor satu ini haruslah dihindari bahkan benar-benar dipantang. Kandungan asam urat yang dikandung dalam makanan ini sangatlah tinggi dikarenakan sel penyusun organ tersebut yang banyak dan menyumbang kadar asam urat yang tinggi.

-Ikan
Tenang saja tidak semua ikan termasuk makanan pantangan asam urat. Anda hanya perlu menghindari dan memantang beberapa jenis ikan yang ternyata mengandung kadar asam urat yang tinggi. Beberapa jenis ikan yang harus Anda hindari adalah ikan sarden, herring, teri dan makerel. Disebutkan bahwa ikan kembung dan ikan tenggiri merupakan salah satu bagian dari ikan makerel juga. Cukup mengejutkan bahwa ternyata ikan ini mengandung kadar asam urat yang tinggi dan harus dihindari oleh penderita asam urat.

-Kerang
Berbagai macam jenis kerang dapat menyebabkan serangan asam urat karena kadar asam uratnya yang tinggi. Makanan pantangan asam urat ini sebaiknya dihindari bagi Anda yang sering mengalami serangan asam urat, karena penelitian menunjukkan adanya hubungan antara banyak mengkonsumsi kerang dengan jumlah serangan asam urat.

4. Saran kesehatan untuk penderita asam urat:
– Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang
– Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan strawberry
– Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat
– Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi
– Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup
– Jangan minum aspirin
– Jangan bekerja terlalu keras / kelelahan
– Pada orang yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit, maka sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup
– Sesuaikan asupan energi dengan kebutuhan tubuh, berdasarkan tinggi dan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *