Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan dan Diet

By | Juni 15, 2017

gembeng.com – Beras merah sering digunakan sebagai menu diet sehat untuk menurunkan berat badan serta bagi penderita diabetes. Beras merah memang termasuk ke dalam jenis makanan pokok yang mengandung karbohidrat di dalamnya. Beras merah biasa di makan seperti nasi putih yang umumnya dikonsumsi orang Indonesia. Seiring berjalannya waktu, penduduk Indonesia mulai menyadari keunggulan beras merah dibandingkan beras biasa yang digunakan sebagai makanan pokok. Nasi putih memang memiliki rasa yang lebih enak daripada nasi merah namun, beras merah mengandung zat gizi baik yang tidak dipunyai nasi putih.  Beras merah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memasaknya, serta kurang nyaman jika dimakan karena lebih keras/pera daripada beras putih. Hal itulah mungkin yang membuat beras merah kurang banyak diminati oleh masyarakat sebagai makanan sehari-hari. Secara gizi beras merah lebih unggul daripada beras putih, karena ia mengandung zat yang dikenal dengan sebutan antosianin. Senyawa yang terdapat pada lapisan warna merah pada jenis beras ini, dan bermanfaat sebagai zat antioksidan, antikanker, anti glisemik tinggi yang artinya baik untuk diabates, serta anti hipertensi.

Mengapa beras merah? Beras merah, tidak seperti beras putih, masih memiliki sekam dan kulit padi di sisinya, sehingga waktu memasaknya lebih lama dan membuatnya lebih mudah dicerna karena jauh “lebih ringan” di lambung.

Sisa sekam dan kulit padi di beras merah mengandung banyak protein, tiamin, kalsium, magnesium, serat, dan potasium. Bagi Anda yang hendak menurunkan berat badan atau bagi yang menderita diabetes, beras merah dapat membantu karena mempunyai kadar glikemik yang rendah sehingga mengurangi lonjakan insulin.

Produk beras putih banyak yang sudah diperkaya dengan berbagai zat gizi. Ini wajar karena beras putih kehilangan kandungan zat besi, vitamin, zink, magnesium, dan sejumlah nutrisi lainnya selama proses penyulingan sehingga produsen harus menambahkan nutrisi-nutrisi sintetis sebagai gantinya. Meskipun begitu, kandungan gizi nasi putih yang diperkaya masih belum mencapai batas minimun kebutuhan gizi harian.

Berikut adalah beberapa manfaat berash merah yang menjadikannya pilihan lebih baik dibandingkan beras putih.

1. Kaya akan selenium. Beras merah banyak mengandung selenium yang mengurangi risiko penyakit-penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan artritis.

2. Kaya akan mangan. Semangkuk beras merah sanggup mencukupi 80% dari kebutuhan harian mangan. Mangan membantu tubuh mensintesis lemak tubuh dan juga membantu sistem saraf serta reproduksi.

3. kaya akan minyak alami. Minyak alami bermanfaat bagi tubuh karena membantu menstabilkan kadar kolesterol.

4. Membantu menurunkan berat badan. Kandungan serat dalam beras merah memelihara fungsi usus tetap maksimal karena serat tersebut membuat proses pencernaan jauh lebih lancar. Beras merah juga sanggup membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

5. Merupakan whole-grain. Karena tidak kehilangan seluruh bagian sekam dan kulit padi, beras merah tergolong makanan whole-grain. Makanan ini terbukti bisa mengurangi penumpukan plak arteri dan mengurangi risiko penyakit jantung serta kolesterol tinggi.

6. Kaya antioksidan. Kandungan antioksidan beras merah tidak kalah banyaknya dengan yang dimiliki buah maupun sayuran.

7. Kaya akan serat. Beras merah dapat membantu mencegah kanker usus berkat kandungan seratnya yang tinggi.

8. Menstabilkan gula darah. Beras merah sangat baik bagi mereka yang menderita diabetes. Studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi satu setengah mangkuk beras merah setiap hari memiliki penurunan risiko terkena diabetes sebanyak 60%.

9. Bermanfaat sebagai Makanan Bayi. Sereal beras merah maupun nasi merah utuh merupakan pilihan makanan bayi yang baik karena kandungan nutrisi dan seratnya.

gembeng.com-Beras merah adalah alternatif dari nasi putih yang bergizi, yang jika dikombinasi dengan diet sehat kaya buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak dan lemak sehat, dapat membantu melindungi tubuh kita dari banyak penyakit akibat gaya hidup. Selain itu juga akan membantu menjaga berat badan yang ideal, sehingga membuat Anda merasa segra dan hebat .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *