Manfaat kesehatan Pete bagi Pria dan Wanita

By | Januari 13, 2018

Gembeng – Disebutkan bahwa rokok dapat menyebabkan kanker, impotensi, serangan jantung, masalah pada kehamilan, dan lain sebagainya. Tidak hanya dalam bentuk tulisan, peringatan bahaya penggunaan rokok bahkan dilengkapi dengan gambar yang menunjukkan efek mengerikan dari rokok yang seharusnya membuat para perokok berpikir ulang untuk menghisap rokok.

Namun semua hal tersebut tampaknya tidak berpengaruh terlalu besar karena nyatanya konsumsi rokok terutama di Indonesia masih cukup tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa berhenti merokok sangat sulit dilakukan karena menimbulkan kecanduan atau ketergantungan pada penggunanya. Meskipun sudah tahu bahayanya tapi nyatanya penjualan produk tembakau ini masih cukup tinggi. Diketahui penyerapan tenaga kerja dari industri rokok dan pendapatan negara dari pajak rokok cukup signifikan.

Meskipun demikian tidak sedikit pula orang yang berhasil bebas dari candu rokok. Alasannya beragam mulai dari penyakit yang sudah terlanjur diderita, keinginan untuk hidup sehat, melihat bukti nyata bahaya rokok pada orang sekitar, dan lain sebagainya. Hal ini menimbulkan motivasi yang kuat untuk berhenti merokok sehingga dengan niat, tekad, dan usaha yang kuat mereka berhasil berhenti merokok.

Berbagai tips mengenai cara berhenti merokok dan melawan rasa candu rokok telah sering kita dengar diantaranya dengan mengguankan manfaat siwak, manfaat mengunyah permen karet, manfaat buah pisang merah, hingga manfaat pete. Ya, konsumsi pete atau petai ternyata dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok. Dibalik aromanya yang tidak enak ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan salah satunya membantu menghentikan kebiasaan merokok.

Manfaat pete untuk pria dalam menghentikan kebiasaan merokok didukung oleh kandungan manfaat vitamin B12, manfaat vitamin B6, manfaat magnesium dan manfaat kalium atau potasium. Kombinasi vitamin dan mineral ini diketahui dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok sehingga para perokok dapat lebih mudah terbebas dari candu rokok. Kandungan nutrisi pada pete juga dapat mempercepat efek penghentian nikotin yang masuk ke tubuh sehingga tidak meracuni tubuh lebih jauh lagi. Seperti yang kita ketahui konsentrasi nikotin dalam tubuh bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti kanker paru-paru, hipertensi, diabetes, penyakit jantung, turunnya berat badan, hingga keguguran dan risiko kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

 

Berikut 9 manfaat pete bagi kesehatan :

1. Mencegah dan Mengatasi Depresi

Sesuai dengan studi yang dilakukan oleh MIND pada individu yang mengalamai gangguan depresi, banyak yang merasa jauh lebih baik setelah mengkonsumsi pete. Hal ini dikarenakan pete mengandung triptofan, yaitu sejenis protein yang diubah tubuh menjadi sertonin, yang dapat membuat Anda merasa lebih rileks, meningkatkan mood, dan rasa bahagia.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kandungan triptofan pada pete juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan asam amino esensial, seperti pete ini dapat menginduksi tidur, membantu memberikan efek menenangkan, dan juga membantu mengatasi kecemasan yang pada akhirnya dapat membuat Anda memperoleh kualitas tidur yang lebih baik.

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Kalium yang juga terkandung dalam pete merupakan salah satu mineral yang penting bagi tubuh Anda. Kalium diperlukan tubuh untuk menjaga cairan dalam tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolik. Peningkatan kadar nutrisi ini memungkinkan oksigen untuk mencapai otak, sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan merangsang aktivitas saraf.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain dapat meningkatkan fungsi kognitif. Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) juga menyarankan bahwa mineral kalium ini dapat mendorong kesehatan kardiovaskular dan dapat membantu mengurangi tekanan darah.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Bagi orang-orang yang mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat memiliki risiko yang lebih rendah terkena sembelit daripada orang-orang yang tidak mendapat asupan serat yang cukup. Pada kasus ini, pete mengandung serat yang dapat membantu Anda dalam mencegah sembelit dan memperoleh pencernaan yang lebih baik .

6. Mencegah Anemia

Pete mengandung zat besi yang cukup tinggi, yang dapat membantu dalam merangsang pembentukan hemoglobin dalam darah. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi pete dapat membantu Anda dalam mencegah anemia.

7. Meredakan Gangguan Menstruasi pada Wanita

Manfaat pete untuk wanita. PMS seringkali dapat membuat seorang wanita mengalami perubahan suasana hati yang tidak menentu. Pada kasus ini, mengkonsumsi pete secara rutin dapat membantu Anda dalam mengontrol suasana hati atau mood, yang berkaitan dengan kandungan triptofannya.

8. Meredakan Rasa Sakit Akibat Gigitan Nyamuk

Tidak hanya bagian buah dan bijinya yang memiliki manfaat, bagian kulit pete juga memiliki kegunaan. Kulit pete dapat digunakan untuk mengurangi dan mengatasi rasa sakit yang diakibatkan karena gigitan nyamuk. Untuk penggunaannya, Anda dapat menggosokkan bagian dalam kulit pete pada bagian yang terkena gigitan nyamuk.

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pete mengandung antioksidan kuat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Kandungan antioksidan ini dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat membantu Anda dalam mencegah terserangnya berbagai macam penyakit

 

Meskipun manfaat pete untuk pria perokok sangat baik namun perlu diingat untuk tidak mengonsumsi pete secara berlebihan pula. Karena pada dasarnya apapun yang berlebihan itu tidak baik. Diketahui konsumsi pete secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti gangguan ginjal, naiknya kadar asam urat dalam tubuh, hingga rematik dan sakit kepala. Untuk itu konsumsi pete secukupnya saja. Jangan karena ingin berhenti merokok justru membuat tubuh menderita gangguan kesehatan lainnya.

Manfaat pete untuk pria dalam hal menghentikan kebiasaan merokok tentu saja juga berdampak sama pada wanita. Jadi jika ada para wanita yang ingin berhenti merokok namun tidak kunjung berhasil dapat mencoba terapi dengan konsumsi pete. Tidak apa-apa meskipun sedikit menimbulkan efek bau, yang penting anda terbebas dari cengkraman candu rokok dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya yang mengintai. Selain itu yang tidak kalah penting adalah niat dan tekad dari perokok itu sendiri untuk berhenti merokok. Tanpa niat dan tekad yang kuat seperti apapun tips yang diberikan tidak akan mempan. Mari jaga kesehatan diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *