Latihan Sederhana Untuk Kurangi Mata Minus Agar Mata Lebih Sehat

By | Agustus 9, 2018

sehat tanpa kacamata via https://www.google.co.id

Mata minus atau rabun jauh adalah keadaan di mana penderitanya kesulitan untuk melihat benda-benda yang jaraknya jauh. Nggak hanya diderita oleh orang dewasa saja, bahkan anak-anak dan para remaja juga beresiko terancam oleh penyakit yang bisa dibilang sepele ini. Penyebabnya bisa dari keturunan, hingga kebiasaan buruk seperti sering menonton TV atau membaca terlalu dekat.

Solusi untuk menyelamatkan mata minus ini nggak harus dengan menggunakan kacamata apalagi soft lens, lho. Berikut saran-saran dari Hipwee Tips yang bisa kamu coba segera!

1. Latihlah fokus penglihatanmu dengan menggunakan telunjuk

melatih fokus mata

Untuk melakukan latihan ini, duduklah dalam posisi yang nyaman, tempatkan telunjuk kamu sekitar 10 cm dari hidung. Fokuskan pandanganmu ke arah telunjuk kemudian alihkan fokusmu ke objek jauh di belakang telunjuk. Kemudian kembalikan fokusmu ke telunjuk. Lakukan dengan melirik tanpa menggeserkan kepala.

Ulangi proses ini hingga 10 kali, maka minusmu akan berkurang dan penglihatanmu akan meningkat.

2. Senam mata juga perlu, demi menjaga kelenturan mata

Goyangkan bola mata dari kiri ke kanan, kemudian berputar dan berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. Latihan ini juga berguna untuk membersihkan dan melumasi biji mata.

3. Kurangi ketegangan dengan menggeser penglihatan atau mengganti objek pandangan

Sebaiknya jangan terlalu lama menatap satu objek tertentu, karena hal ini akan menyebabkan otot mata menjadi tegang dan kaku. Misalnya ketika kamu sedang menatap layar komputer, alihkan pandangan beberapa saat ke jendela atau objek lain di sekitarmu, barulah kembali menatap layar komputer.

4. Nggak cuma badan, matamu pun sesekali butuh berjemur di pagi hari

Memanjakan mata dengan berjemur dapat dilakukan dengan cara menutup kedua mata dan arahkan pandangan ke matahari sampai bola mata terasa hangat. Sebaiknya lakukan hal ini di pagi hari, supaya asupan vitamin D juga tercukupi.

5. Minimal sehari sekali, ganti lalu tentukan warna apa yang bisa melatih tingkat fokusmu

Kamu bisa memilih warna untuk dapat difokuskan setiap hari. Misalnya hari ini kamu memilih warna merah, maka lihat dan carilah warna merah di sekelilingmu. Hal ini sangat bagus untuk melatih fokus matamu ke dalam warna tertentu.

6. Biar bakteri dan debu-debu kabur, mengompres mata pun wajib kamu lakukan

Untuk membersihkan mata, kamu bisa menggunakan obat tetes mata agar mata terhindar dari kuman dan bakteri. Selain itu, kamu bisa membilas mata dengan air hangat. Caranya, siapkan semangkuk air hangat lalu masukkan mata ke dalamnya dan berkedip-kediplah selama beberapa saat.

Langkah ini ampuh untuk mengeluarkan debu dan kotoran yang masuk ke dalam mata.

7. Segera lepas kaca mata atau softlens jika memang tak diperlukan! Pokoknya, jangan keseringan

Otot mata akan menjadi kaku ketika kamu menggunakan kacamata, karena mata akan terbiasa fokus pada pusat lensa. Coba buktikan, kamu akan terbiasa menggunakan leher untuk melihat sekeliling ketimbang menggeser bola mata.

8. Nikmatilah pemandangan hijau guna menyegarkan mata, sekaligus jiwa yang merana 🙁

Sesekali pergilah mencari objek pegunungan atau pepohonan dalam rangka penyegaran mata. Objek berwarna hijau diyakini dapat memberikan ketenangan dan dampak positif bagi mata. Selain baik untuk mata, kegiatan ini berguna juga untuk mengembalikan pikiranmu supaya tetap jernih.

9. Supaya tingkat pusingmu berkurang, coba latih mata untuk memperhatian benda-benda bergerak

Mengurangi mata minus dapat dilakukan dengan melihat kendaraan yang berlalu-lalang di jalan raya selama beberapa menit. Memang pada awalnya agak memusingkan, tapi cara ini ampuh untuk melatih otot mata.

10. Terapi lilin. Langkah sederhana untuk mensterilkan mata berikut kotoran-kotorannya

Caranya mudah, nyalakan lilin lalu tataplah nyala lilin tersebut sampai kamu mengeluarkan air mata. Usahakan untuk tidak terlalu banyak berkedip supaya makin banyak air mata yang dikeluarkan. Lakukan terapi ini selama 4 kali dalam seminggu.

11. Istirahatkan mata 15 menit sekali dengan teknik eye palming. Jangan diforsir kalau sudah capek, ya

Teknik ini ampuh untuk mengistirahatkan mata dan membuatnya rileks. Gosok-gosokkan telapak tangan hingga hangat, tutup kedua mata dan tempelkan dengan telapak tangan yang hangat. Kamu bisa lakukan kapanpun saat mata kamu merasa penat.

12. Tiap bangun tidur, pijat juga titik-titik sekitar mata untuk membuat mata menjadi rileks

Lakukan pijatan-pijatan ringan di sekeliling mata setiap kali bangun tidur. Pijatan ini berguna untuk melancarkan peredaran darah dan merilekskan mata yang lelah.

13. Sesekali, lakukan terapi daun sirih supaya jamur-jamur pada mata kabur

Daun sirih punya banyak khasiat seperti mengurangi iritasi, membuang kotoran dan mematikan kuman serta jamur pada mata.

Caranya, ambil dua lembar daun sirih, cuci bersih kemudian tempelkan pada kelopak mata sebelum tidur. Pagi harinya, lepas daun sirih (mungkin sudah terlepas dengan sendirinya) dan cuci bersih wajah kamu.

14. Jaga pola makanmu! Konsumsilah menu-menu yang kaya akan vitamin A, biar penglihatanmu tetap terjaga

Untuk penanganan dari dalam, kamu sebaiknya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, betakaroten, omega 3, luthein, lycopene, dan zink. Kandungan zat ini sangat dibutuhkan oleh mata. Beberapa makanan yang mampu mengembalikan kesehatan mata antara lain seperti wortel, ikan salmon, alpukat, kol, bayam, telur, dan tiram.

Asal telaten dan teratur, mata minusmu yang mengganggu pasti akan mundur secara teratur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *